Pentinganya Percaya Diri Dalam Hidup


Bagaimana pentingnya rasa percaya diri . Tapi, sebenarnya  kenapa ada seseorang yang sepertinya sangat tidak percaya kepada dirinya sendiri? Mari kita analisa, sebenernya apa sih yang membuat kita percaya diri? Apa sih yang menghambat diri untuk  mengeluarkan seluruh potensi diri kita, tanpa ada rasa malu? dan Kenapa harus ada aja  rasa ragu tiap kita akan melakuakan sesuatu?

Ternyata sikap tidak percaya diri ini muncul akibat kebiasaan-kebiasaan kita mengembangkan sikap dan pendapat negatif tentang diri kita. Bisa juga karena pengaruh lingkungan,  Antara lain sikap lingkungan yang membuat kita jadi takut untuk mencoba apa yang kita mau. Takut untuk berbuat salah, tp sebenarnya itu tidaklah salah. Semua harus seperti yang sudah ditentukan.

Semua orang pasti punya rasa takut akan di marahi, karena itu, kita jadi malas melakukan hal yang berbeda di orang-orang di sekitar kita. Contoh, mau angkat tangan ketika guru memberi pertanyaan di kelas, malu takut salah! Terkadang jalan di kerumunan banyak orang udah malunya setengah mati!   Bergaul… takut! Wah… kalau serba takut, serba ragu, serba malas Seperti ini, apa jadinya?

Langsung aja, Munkin perlu banyak  kegagalan sebelum mencapai keberhasilan yang kita mau. Kesalahan bukanlah akhir dari semuanya. Sebenarnya orang banyak salah itu orang yang mudah untuk menggapai keberhasilan. Setiap kesalahan akan semakin dekat juga kita menuju kepada keberhasilan. Jika saja kita semua percaya akan hal ini, pastinya percaya diri kita juga tidak akan gampang rapuh karena pendapat negatif dari orang-orang di sekitar kita. ea ga?

Ada banyak cara untuk meningkatkan rasa percaya diri kita. No 1, Banyak berteman atau berhubungan dengan orang yang percaya dirinya bagus. percaya atau tidak pasti rasa percaya diri itu akan menular akibat dorongan dari pergaulan, dan karena banyak bergaul dengan mereka jadi sebuah kebiasaan di kehidupan kita sehari-hari. Jika tidak percaya, coba saja kalian mencoba bergaul dengan mereka-mereka yang tingkat kepercayadirianya tinggu, secara otomais kita jadi tau cara merka, mulai dari bicara, mengambil keputusan, dan dan prilaku-prilaku lain. Jika saja kita tidak bergaul dengan orang-oranga seperti mereka , bagai mana kita bisa percaya diri? bagai mana juga kita dapat contoh orang-orang yang percaya diri? Memang benar kita meski bergaul dengan orang-orang yang tingkat kepercaya dirianya  sangatlah tinggi.

TAPI, yang sangat di sayangkan, tidaklah banyak orang yang seperti itu, mereka selalu berpikir bahwa apa yang mereka miliki itu sudahlah cukup bagi mereka walau tanpa rasa percaya diri. Padahal, mereka mempunya POTENSI yang tinggi, namun dengan sipatnya sendiri mereka tidak dapat mendorongnya .

Ya mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, yang sangat utama untuk meningkatkan rasa percaya diri kuncinya hanyalah kemauan yang sangat tiggi untuk mengubah diri kita sendiri tanpa ada dorongan dari orang lain. Karena hanya kita yang dapat merubah diri kita sendiri, bukan orang lain, ataupun orang tua kita sekalipun. jika kita begitu ingin meningkatkan percaya diri kita, cobalah untuk mengeluarkan semua potensi yang ada dalam diri kita. Kuncinya kita harus, MAU! Dan berikutnya dari lingkungan kita sendiri dan pergaulan kita, dengan bantuan orang lain kita bisa meningkatkan rasa percaya diri kita. Karena dengan bantuan mereka, kita jadi  tahu bahwa kita juga punya potensi yang tidaklah semua orang miliki.Jadi, jika kita ingin mendapatkan sesuatu kenapa harus di tunda-tunda. Tunggu apa lagi?

12 thoughts on “Pentinganya Percaya Diri Dalam Hidup

  1. tulisannya bagus banget, sangat layak tuk dibaca. biar jadi motivasi tuk menghadapi setiap persoalan hidup kedepannya. makasih

    • sebelumnya terimakasih. memang benar. sebenarnya hal yang paing kecil itu amatlah berguna, mungkin buat sebagian orang tidak berguna, Tp percaya diri itu amatlah penting, lebih baik di pagil ga tau malu tp dalam lah yang positif dari pada pemalu yang hanya bisa diam dan mengkomentari apa yang orang perbuat

  2. aq setuju banget ma artikel ini coz qt sebagai manusia mang haruz PD coz klo g pede ntar qt tdk akan menjadi seseorang yg bisa hidup bermasyarakat dan lebih maju.. malahan orng berfikiran negatif ama QT…

    PD bleh aja yg penting semua yg QT lakuin bener…..

  3. percaya diri adalah hal penting bagi manusia dlm jalani hidupnya. ini sngt amat penting, jng sampai tdk pd,krn manusia diciptakan oleh tuhan dng disertai kesempurnaan yg lengkap di banding ciptaan lainnya. oleh krn itu kita hrs sadari segala kelebihan & kekurangan yg ada pd diri kita. dng begitu akan lbh mudah dlm menjalani hidup ini sesuai dng kemampuan yg ada.

    dlm jalani hidup ini kita tdk hrs sama dng orang lain. krn kelebihan dan kekurangan yg ada pd tiap diri manusia itu berbeda. utk itulah kita nggak perlu minder atau tdk pd dlm menjalani hidup ini.

    salam kenal
    yudhopati

  4. iya bgs jg neh tentang rasa percaya diri……
    setiap manusia emang punya kekurangan dan kelebihan masing2……
    yang mungkin dr kekurangan itu membuat orng itu menkadi ga pede………
    tp ya itu udh lumrah seh……
    ya pede itu penting……..
    tp jngn terlalu kepedean aza tar nya malah menimbulkan hal yg ga di inginkan…..

    ok good luck ya buat penulis……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s