Mengutamakan kepentingan orang tua dari pada kepentingan yang lain


Setiap orang mempunyai tanggung jawab untuk memenihi kewajiban terhadap diri sendiri, kerabat, dan masyarakat, lalu jika terjadi pembenturan kepentingan antara keluarga, kerabat dan maysarakat maka yang mana yang harus kita tunaikan terlebih dahulu? Jika terjadi perbenturan kepentingan antar orang tua kita dengan masyrakat atau krabat, maka bagai manakah mengenai hal ini?

Kasus yang terjadi dalam riwayat di atas memberi kejelasan kepada kita bagaimana cara jika anak menghadapi dia kepentingan yang berbeda dalam waktu yang sama, antara kepentingan orang tua dan kepentingan umum.

Saya sebagai umat Islam lebih mengutamakan penegasan Rosul saw. Ketika saya merenungkan sebuah Hadis (HR. Bukhari dan muaslim) bersama guru dan rekan saya di sebuah pengajian bahwa kandungan hadis tersebut adalah perindah kepada anak agar pulang kepada ibu bapaknya untuk menyantuni kepentingan mereka dengan sebaik-baiknya dan tidak meninggalkan mereka untuk berjihad atau berhijrah. ini berarti bahwa dalam pandangan Islam, kepentingan orang tua rerletak di atas lepentingan lainnya. Kerena itu, tidak ada alas an bagi kita sebagai anak untuk berdalil mengutamakan kepentingan masyarakat,kerabat atau yang lainnya daripada kepentingan ibu bapaknya yang menuntut pengabdian anak dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka

15 thoughts on “Mengutamakan kepentingan orang tua dari pada kepentingan yang lain

  1. wah bener banget tuh ortu harus yg didahulukan jangan ngurusin yg ga penting hehehe jadi anak harus berbakti sama ortu bro??karena ibu ada buat kita??

  2. q ci setuju………
    emg qt dapat membalas jasa beliau dengan cr kyk g2.meskipun qt bkn seorang anak yg shaleh, tp qt bs mnjd anak yg berbakti bg mereka{bonyok}…………

  3. iya emng udah seharusnya anak lebih mementingkan keluarganya drpd hal lain….
    tp, yg patut di bicarakan dan di pertanyakan…….
    “kenapa zaman sekarang banyak anak2 yang melawan orng tuanya da lebih mementingkan hal lain drpd orng tuanya sendiri?????”

    ya buat anak2 yg sada akn pentingnya orng tua…..
    jangan sampai mengecewakan bahkan sampai melukai hati dan perasaan orang tuanya sendiri……
    dosa bsr buat anak yg tidak peduli pada orng tuanya……

  4. yyah . me2ntingkann kel.lahh !!
    walaoupunn kel.krangg p’hatiian ma kita ! tpii mrekka khann jugga te2p.keell. . .

    yyahh , gitulahh !
    karnna kell.tuhh sgala2nyya !
    yya g ?
    ya khann !
    iyya dungg .
    pastikan .
    pastii dungg ,
    hehhe .^_~

  5. wah sangat bagus sekali ini, bisa mendukung kita semua dalam berfikir lebih dewasa dan bisa menambah wawasan apa lagi sekarang ini zaman modern sangat cocok sekali dengan perkembangan zaman yang ada sekarang ini. saya sangat tertarik sekali dengan artikel ini saya salut anda bisa membuat selengkap ini, buat kamu saya ucapkan selamat atas keberhasilan kamu ini, karena belum tentu semua siswa bisa membuat seperti ini, semoga ini bisa bermanfaat buat semua.

  6. saya sangat setuju apa yang ada di artikel ini bahwa ridho orang tua adalah Ridho Allah juga dan Murka orang tua adalah murka Allah juga jd jgn smpai kita membantah apa yang di perintahkan orang tua apa bila itu benar. dan ingat bahwa Malin Kundang itu adalah kisah nyata bukan rekayasa, jadi patuhlah sama ortu kalian selama beliau masih hidup dan jgn lupa mendo’akan ke dua ortu kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s