Tata Cara Berbicara Baik Dihadapan Orangtua


Dalam pergaulan kita sebagai anak dengan orang tua yang hampir seriap saat bercakapan keluarga, seringkali orang tua memaggil atau menyuruh kita sebagai anak untuk membantu mereka. Anak yang di suruh sering merasa tidak berkenan di hati, lalu menampakkanya dalam bentuk suara atau sikap yang tidak layak. Bagaimanakah ketentuan dalam memberikan pedoman kepada kita sebai anak mereka untuk berbicara, mennjawab panggilan dan mengeluarkan pernyataan di hadapkan orang tuan kita?

Apalagi orang yang beragama, pasti dalam agamanya di jelaskan cara berbicara yang benar terhadap orang tua. dalam islam agama saya di jelaskan bahwa dalam berdoalog atau berbicara dengan otang tua kita, kita sebagai anak tidak saja harus menundukan diri, tapi juga harus merendahkan suara dan memilih kata-kata yang sopan serta halus. kita sebagai anak harus dapat mengukur tiggi rendahnya suara yang akan di ucapkan di hadapan orang tua kita. kita tidak di perkenankan bersuara lebih lantang daripada suara orang tua kita, apalagi meneriakan dari jauh. sebenarnya kita tidak di perkenankan menjawab panggilan orang tua kita dari jauh dengan suara yang kerasdan lantang. jika kita berada di tempat yang jauh ketika mendengar panggilan orang tua kita maka hendaknya ia datang mendekat dan menjawab panggilan tersebut dengan suara merendah. Inilah yang di sebut sebagai ucapan yang lemah lembut terhadap orang tua kita.

bagai mana jika kita sebai anak mengutarakan isi hati kita melalui surat? Dalam menulis surat kepada orang tua kita tetap berkewajiban mengutarakan isi hati kita dengan cara merendah yaitu dengan memili kata yang halus dan merendah. jadi, dalam keadaan apapun kita harus tetap dengan adab dan kesopanan dalam berkomunikasi dalam bersikap dengan orang tua kita.

About these ads

11 thoughts on “Tata Cara Berbicara Baik Dihadapan Orangtua

  1. wahhhh…zie lo harus sesuai nih ma blog nya…terhadap orang tua….
    jangan cuman nulis doank…..harus di realisasikan dengan kehidupan nyata..low….!

    • ia ka beni.. makasih dah komentar ,, ka beni juga harus seperti itu, jangan main wanita lagi yack, kita tobat bareng(hehehehe)

  2. ingat nak…surga ada di telapak kaki ibu..keberhasilan kita pun tak terlepas dr doa orang tua…jadi hormatilah orangtua,sanjung mereka dgn bahasa dan tutur kata yang lembut…dan buatlah mereka bahagia…

  3. Jalani Hidup Dengan Cerah Dan Indah

    Cara yang pertama ini penting banget lho !!! Tentuin deh tujuan hidupmu secepat & sebijak mungkin. contohnya : tujuan hidupku adalah ingin membahagiakan keluargaku terutama kedua orang tuaku.

  4. btul tu kta hrus ingat jg dong slma 9 bln ibu kta mngndung,dan mlhirkan kta menjga kta,mrwat kita dngn kash syng yg pnuh..
    skrng kta udah bsr kita lg yg mrwt ibu kta sprti ibu kta mrwat kita dulu

    SAYANGILAH IBU MU
    SEPRTI KAMU MENYAYANGI
    DIRI MU SENDIRI

    OKKKKKKKKKK

  5. Ping-balik: Attitude Moklet « DananxPapayas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s